Atasi Komplikasi Gangren Tanpa Melalui Jalur Amputasi

Deteksi Komplikasi Luka Gangrene Sejak Dini Agar Terhindar Dari Amputasi Di Kemudian Hari

Penyebab luka gangren sebenarnya oleh infeksi bakteriKomplikasi luka gangren disebabkan karena kurangnya pasokan darah akibat penyumbatan pembuluh darah menyebabkan sel kehilangan kemampuan dan mati. Gangrene disebabkan oleh luka yang telah terinfeksi bakteri. Umumnya luka berkembang sebagai komplikasi luka gangren akibat luka yang terbuka dan dibiarkan basah. Komplikasi luka gangren basah gejala umumnya ditandai dengan perubahan warna pada daerah yang terindikasi gangrene. Pada mulanya daerah tersebut berwarna merah kemudian berubah warna menjadi cokelat dan mungkin akhirnya menjadi hitam. Pada komplikasi luka gangren kering ditandai kulit pucat, berkerut, perlahan berubah warna menjadi merah kemudian coklat menjadi hijau kehitaman.

Bagian yang terkena gangren biasanya cenderung hangat dan bengkak. Beberapa kasus komplikasi luka gangren bagian yang terkena akan mati rasa atau berkurang kepekaannya. Kasus komplikasi luka gangren yang lain yang lebih parah akan terasa sangat nyeri dan sakit. Gangrene yang lebih parah akan melebar disertai bau busuk dan bernanah. Jika tidak segera diobati maka kemungkinan sembuh pun akan semakin kecil. Bagian yang terkena gangrene mungkin perlu dioperasi bedah bahkan dihilangkan agar tidak melebar. Solusi terakhir jika pasien menderita kasus komplikasi luka gangren adalah amputasi.

Deteksi dini perlu dilakukan dengan memperhatikan bagian yang sering diserang seperti kaki dan tangan. Apabila penderita tidak mengalami luka maka komplikasi luka gangren akan tampak seperti bengkak berwarna kemerahan. Dalam beberapa hari bengkak tersebut semakin besar dan menggelembung akibat desakan cairan di bawah kulit berwarna kecoklatan. Pada komplikasi luka gangren basah, luka yang terbuka akan bernanah dan berbau busuk. Bau busuk ditimbulkan oleh gas yang dihasilkan bakteri dalam luka tersebut. Bakteri menghasilkan zat beracun bagi jaringan manusia dan dapat membunuh sel-sel yang terinfeksi. Infeksi pada luka harus segera dihentikan jika tidak maka racun dari bakteri akan menyebar melalui peredaran darah ke seluruh tubuh dan meracuni organ vital (disebut toxic shock). Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan pasien akan mengalami gagal ginjal.

Bentuk Komplikasi Luka Gangrene

Komplikasi luka gangren menyebabkan kematian jaringan, amputasi, keracunan darah, dan masih banyak lagi.

  • Kematian jaringan, Jaringan yang mati akibat komplikasi luka gangren akan berwarna hitam karena tidak mendapatkan suplai oksigen. Pada penderita diabetes biasanya komplikasi luka gangren yang paling umum adalah jari-jari kaki. atau nekrosis jaringan ciri gangren. Jaringan yang dirampok oksigen menjadi hitam dan mati. Peradangan, cedera, atau penyumbatan aliran darah menyebabkan seseorang berisiko mengalami gangren. Pada fase ini gangren sulit diobati hanya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak menyebar ke bagian lainnya. Komplikasi luka gangren berbeda tergantung pada jenis gangren yang telah mempengaruhi tubuh.
  • Jaringan parut, Luka yang telah sembuh akibat komplikasi luka gangren menghasilkan jaringan parut dan sulit dihilangkan. Biasanya itu terjadi akibat gangrene basah yang mengalami infeksi bakteri. Untuk menghilangkan jaringan parut harus dilakukan melalui operasi dan amputasi.
  • Komplikasi Organ, Umumnya Komplikasi organ internal akibat gangren terjadi pada usus, kandung empedu, atau usus buntu. Suplai darah ke salah satu organ-organ ini terputus sehingga jika organ dibiarkan terlalu lama tanpa suplai darah yang cukup, organ bisa berhenti berfungsi.
  • komplikasi luka gangren

    Fournier gangren, Gangren Fournier lebih banyak dialami oleh laki-laki dibandingan pada wanita, meskipun kasus ini jarnag sekali terjadi. Pada awalnya gangrene menyerang alat kelamin sehingga organ mengalami disfungsi seksual, kemudian menyebar ke paha dan perut. Jika disfungsi seksual dialami laki-laki maka berakibat pada hilangnya sensasi atau ketidakmampuan untuk mencapai ereksi.

  • Cacat, Pasien yang mengalami komplikasi luka gangren akan mengalami cacat permanen terutama jika ada tindakan amputasi, tergantung pada bagian tubuh mana yang terkena gangren. Gangren disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke bagian tubuh. Dalam beberapa kasus, bagian tubuh yang terkena gangrene harus diangkat dengan operasi untuk mencegah masalah medis lebih lanjut. Amputasi merupakan pengobatan terakhir. Kebanyakan amputasi dilakukan pada kaki, kaki, lengan atau kaki.
  • Amputasi, Amputasi dianggap menjadi pilihan terakhir untuk pengobatan gangren. Amputasi melibatkan operasi pengangkatan setiap jaringan yang rusak dan tidak dapat diperbaiki. Jaringan yang telah mati dapat menyebabkan rasa sakit dan mudah terinfeksi oleh bakteri. Selain itu, gangrene yang disebabkan oleh infeksi bakteri dapat menyebar ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan sepsis. Tujuan dari amputasi adalah untuk mencegah komplikasi yang dapat timbul karena gangren. Melakukan amputasi bertujuan untuk menghilangkan semua jaringan mati dengan meninggalkan jaringan sehat sebanyak mungkin. Merupakan langkah penting bagi ahli bedah untuk memutuskan mana sayatan yang harus dibuat. Karena jika beberapa jaringan mati yang tertinggal akan membuat luka bekas amputasi tidak akan sembuh dengan baik. Dokter bedah dapat memeriksa denyut nadi di sekitar luka, memeriksa suhu jaringan di sekitar sayatan dan membandingkannya dengan jaringan sehat sekitar luka. Hal tersebut juga penting untuk menghindari pemotongan ke dalam kulit yang merah dan meradang, karena hal ini membuat proses penyembuhan memerluka waktu yang lebih lama.
  • Kematian, Gangren yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian. Infeksi yang disebabkan bakteri menyebabkan racun menyebar ke seluruh jaringan melalui aliran darah. Tubuh menjadi septik atau diracun. Agar resiko dapat dihindari maka pengobatan dini dengan antibiotik dan pengangkatan jaringan yang terinfeksi harus dilakukan untuk mencegah kematian akibat gangren.
  • Distress psikologis, Jaringan parut yang muncul, amputasi atau fungsi tubuh yang diubah akan menyebabkan seseorang mengalami masalah psikologis. Pasien mungkin memerlukan konseling dan terapi fisik. Dampak lain yang lebih buruk adalah pasien mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan karena fisik yang mengalami perubahan.

Pengobatan Komplikasi Luka Gangren

250Luka gangrene pada penderita diabetes sangat sulit disembuhkan. Penangan oleh dokter memerlukan biaya mahal dan waktu yang lama. Pasien harus memeriksakan secara rutin dan mengkonsumsi obat-obatan yang disarankan. TNO adalah obat oles yang aman bagi penderita diabetes untuk menyembuhkan luka lebih cepat dan lebih terjangkau. Ancaman amputasi selalu membuat pasien khawatir. Namun dengan TNO luka gangrene bisa disembuhkan tanpa operasi tanpa amputasi. Cukup dengan mengoleskan TNO pada kapas. Kompres luka dengan kapas tersebut dan balut dengan kain kasa atau perban untuk menghindari luka terinfeksi bakteri atau dihinggapi lalat.

Selain untuk mengoles, TNO yang dapat diminum oleh penderita diabetes. Kandungan mengkudu di dalamnya berfungsi untuk regenerasi sel yang telah rusak serta meningkatkan kinerja sel syaraf. Kandungan zat dalam buah zaitun dan blueberry di dalamnya juga membantu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. Manfaat lain dari mengkonsumsi TNO adalah mengembalikan kinerja pankreas dalam menghasilkan insulin. Perlu diketahui bahwa insulin sangat diperlukan dalam proses penyembuhan luka. Kinerja hati lebih optimal dalam mengatur glokusa, dan masih banyak lagi. TNO merupakan ramuan yang sempurna untuk mengatasi luka gangrene tanpa operasi. Untuk info selengkapnya klik Obat Herbal Untuk Luka Diabetes.

012

Apa Itu TNO dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNO Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

Post-Ender

Hey, Anda atau Anggota Keluarga Menderita Diabetes?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Diabetes Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Diabetes Sekarang, Gratis!

Terbatas Hanya Untuk 100 Orang Pertama Hari Ini Saja

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

greenarrowdown for menu makanan diabetes

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Masyarakat Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Diabetes Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!