Luka Gangren Pada DM, Fakta dan Solusinya

Luka Gangren Pada DM Seputar Fakta dan Solusi Yang Terbaik Untuk Penanganan Secara Tuntas

Luka Gangren Pada DM Seputar Fakta dan Solusi Yang Terbaik Untuk Penanganan Secara TuntasDiabetes mellitus atau DM adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Peningkatan kadar gula dalam darah ini bisa terjadi karena kerusakan pankreas sebagai organ penghasil insulin. DM biasanya diderita oleh mereka yang memiliki riwayat keturuanan DM. Namun dewasa ini, DM tidak hanya menjangkiti mereka yang memiliki riwayat keturunan saja. DM dapat terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Konsumi makanan dan minuman yang terlalu manis dalam jumlah yang banyak bisa menjadi penyebabnya. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji juga bisa menyebabkan DM. Hal ini dikarenakan makanan-makanan cepat saji mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat mengandung gula yang tinggi sehingga konsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Masalah yang sering dihadapi penderita DM adalah luka gangren pada DM. Luka gangren ini terjadi karena kurangnya suplai darah di jaringan yang jauh dari jantung. Biasanya luka gangren pada DM terjadi di kaki.

Luka Gangren Pada Diabetes Mellitus

Luka gangren pada DM adalah kondisi kerusakanLuka gangren pada DM adalah kondisi kerusakan pada jaringan tubuh dimana jaringan tubuh mengalami nekrosis atau kematian. Kondisi ini terjadi karena terjadi gangguan pada aliran darah menuju jaringan tersebut. Pada orang dengan DM darahnya menjadi kental karena tingginya kadar gula darah. Normalnya kadar gula darah dihitung 8 jam setelah puasa adalah 70 hingga 110 mg/dl. Dan kadar gula darah diukur 2 jam setelah makan harus dibawah 200 mg/dl. Pada orang dengan DM gula darahnya bisa mencapai 300 hingga 500 mg/dl. Pembuluh darah perifer kaki adalah yang paling jauh dari jantung maka transportasi menuju kesanalah yang paling sering terganggu. Dengan berkurangnya suplai darah ke pembuluh perifer maka berkurang pula suplai oksigen. Hal inilah yang merupakan penyebab utama kematian jaringan.

Luka gangren pada DM biasanya berwarna hitam dan berbau busuk. Hal ini disebabkan oleh aktifitas anaerob oleh bakteri. Luka gangren pada DM biasanya tidak terasa sakit karena neuropati atau kematian jaringan diikuti dengan kematian saraf. Penanganan yang tidak serius dapat membuat area luka gangren pada DM meluas.

Klasifikasi Luka Gangren Pada Diabetes Mellitus

Luka gangren pada DM memiliki beberapa jenis, yaitu gangren basah dan gangren kering. Gangren basah adalah gangren yang terjadi karena daerah luka terinfeksi oleh bakteri. Infeksi ini menyebabkan terjadi kemerahan dan pembengkakan. Edema juga dapat terjadi diatas daerah yang mengalami nekrosis. Hal ini disebabkan karena terbentuknya gas oleh mikroorganisme. Pada tipe gangren basah biasanya diberikan terapi antibiotik.

Tipe gangren lainnya adalah gangren kering. Pada gangren kering jaringan yang mati bukan karena reaksi peradangan. Gangren kering biasanya terjadi karena penyumbatan pembuluh darah perifer membuat suplai darah ke jaringan berkurang. Penyumbatan menyebabkan jaringan menjadi anemis kemudian secara perlahan bagian yang kekurangan suplai darah akan layu, menyusut dan berwarna hitam. Jika kulit pada area ini tidak rusak maka infeksi tidak akan terjadi.

Perawatan Luka Gangren Pada Diabetes Mellitus

Luka gangren pada DM memiliki beberapa jenisBanyak cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan luka gangren pada DM. Cara yang terutama adalah dengan perawatan yang benar. Merawat luka gangren pada DM haruslah dilakukan secara rutin. Bila luka gangren pada DM masih baru dan basah, perawatan haruslah dilakukan setiap hari. Namun bila luka gangren pada DM sudah mulai mengering, perawatan dapat dilakukan beberapa hari sekali.

Praktisi kesehatan saat ini melakukan banyak promosi tentang menghindari cara amputasi sebagai solusi luka gangren pada DM. Berbagai cara perawatan luka ditawarkan untuk mengatasi luka gangren tanpa amputasi. Pada dasarnya cara yang dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan luka dan membubuhkan bahan-bahan baik obat-obatan kimia maupun bahan alami untuk merangsang pembentukan jaringan baru.

Prosedur perawatan luka gangren pada DM adalah dengan menggunakan prinsip steril. Sebelum melakukan perawatan ada baiknya lakukan pengkajian terlebih dahulu. Periksa apakah luka mengeluarkan nanah atau ada jaringan yang mati dan menghitam. Bila ada jaringan yang mati atau nekrosis sebaiknya buang jaringan tersebut dangan mengguntingnya secara perlahan. Lakukan hal ini sedikit demi sedikit hingga terlihat jaringan baru yang mulai tumbuh. Periksa juga apakah terdapat rongga pada luka. Bila terdapat rongga, lakukan irigasi atau penyemprotan bagian dalam rongga dengan menggunakan cairan steril yaitu NaCl.

Setelah mengkaji kondisi luka kemudian siapkan alat-alat untuk membersihkan luka. Siapakan semua alat yang steril dan letakkan pada bak steril. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi pencemaran oleh bakteri lain saat melakukan perawatan. Pastikan orang yang akan melakukan perawatan telah mencuci tangannya dan menggunakan sarung tangan. Jangan lupa untuk memberi alas dibawah kaki atau bagian yang luka sebelum memulai perawatan. Maksudnya agar kotoran yang dihasilkan tidak akan mengotori seprei.

membersihkan luka gangren Anda adalah dengan produk herbal Tahitian Noni OriginalPerawatan pertama yang dilakukan adalah mencuci luka hingga bersih. Gunakan cairan NaCl untuk membersihkan luka. Jika luka mengeluarkan nanah pastikan hingga nanah tidak lagi mengotori luka. Tindakan membersihkan ini harus dilakukan dari dalam keluar, agar kuman tidak masuk kedalam luka. Setelah luka bersih, lakukan pengompresan pada luka. Ini bisa dilakukan menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter ataupun menggunakan bahan-bahan alami seperti madu. Pengompresan luka gangren pada DM ini dapat pula menggunakan produk TNO yaitu TNO. Produk TNO adalah larutan yang berisi nutrisi alami yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat oksidasi. Produk TNO ini dapat digunakan untuk mengompres luka gangren pada DM Larutan ini dipercaya mampu membantu mempercepat penyembuhan luka.

Setelah melakukan pengompresan, tutup luka dengan kassa yang steril dan kering. Lakukan selalu evaluasi kondisi luka setiap melakukan perawatan luka. Dengan mengetahui kondisi perkembangan luka, akan lebih mudah untuk menentukan rencana perawatan selanjutnya.

Nutrisi Untuk Perawatan Luka Gangren Pada Diabetes Mellitus

250Selain merawat luka gangren, perlu juga memperhatikan asupan nutrisi penderita DM. Mengkonsumsi makanan-makanan sehat dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Jika kadar gula darah terkontrol maka penyembuhan luka akan lebih cepat terjadi. Selain itu penderita DM dapat pula mengkonsumsi suplemen untuk menambah kebugaran tubuh. Tubuh yang bugar akan lebih mudah melawan penyakit. Ada produk TNO, produk asal Amerika ini dipercaya memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik. Produk ini adalah minuman yang berfungsi sebagai suplemen kesehatan yang baik untuk tubuh. Nutrient bioaktif yang terdapat pada TNO dipercaya mampu menunjang pertumbuhan pembuluh darah yang sehat. Nutrient ini dapat mendeteksi adanya pembuluh darah yang abnormal sehingga tubuh dapat merespon dengan memperbaiki kerusakan tersebut. Kandungan antioksidan dalam TNO juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Karenanya produk ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus. Untuk info selengkapnya klik Obat Herbal Untuk Luka Diabetes.

012

Apa Itu TNO dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNO Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

Post-Ender

Hey, Anda atau Anggota Keluarga Menderita Diabetes?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Diabetes Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Diabetes Sekarang, Gratis!

Terbatas Hanya Untuk 100 Orang Pertama Hari Ini Saja

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

greenarrowdown for menu makanan diabetes

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Masyarakat Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Diabetes Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!