Luka Gangrene Pada Diabetes Mellitus dan Pencegahannya

Luka Gangrene Pada Diabetes Mellitus dan Pencegahan Yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini

jenis luka gangren

Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tak lain disebabkan banyaknya jumlah penderita penyakit diabetes ini di sekitar kita, bahkan termasuk salah satu yang paling banyak di dunia ini. Penyakit ini terkait dengan kondisi dalam organ tubuh kita yang tidak berfungsi sebagaimana fungsinya dan terjadi ketidakmampuan kadar gula darah. Pada pasien penyakit ini, sistem imunitas tubuh yang bertugas menjaga tubuh dari penyakit luar menjadi terganggu. Pengobatan terhadap penyakit ini pun terus dikembangkan agar pasien dapat lebih cepat pulih.

Pada pasien yang mengalami diabetes, biasanya dapat mengakibatkan rusaknya sistem saraf yang tentu sangat berbahaya karena bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Ketika terjadi gangguan saraf yang dikenal juga dengan neoropati perifirer, yaitu suatu kondisi dimana seseorang akan kehilangan sensitifitas dalam merasakan rasa sakit pada bagian tubuhnya. Hal ini tentu menakutkan karena jika terjadi sesuatu pada bagian tubuh anda, anda tak dapat merasakannya karena sistem saraf yang tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Luka Gangrene Pada Penderita Diabetes

Selain gangguan saraf, ada pula luka gangrene pada diabetes mellitus yang sering ditemui. Gangguan ini biasanya terjadi di bagian kaki. Untuk mereka yang menderita diabetes, terdapat beberapa bagian tubuh yang biasanya akan mudah terserang gangguan, yaitu mulut,saluran kemih, paru-paru dan kaki. Di bagian kaki sendiri seperti sudah disinggung sebelumnya, akan muncul luka gangrene pada diabetes mellitus. Luka ini memang sebuah jenis luka yang hanya terjadi pada mereka penderita diabetes. DIkarenakan adanya ketidakstabilan pada kadar gula darah dalam tubuh, dengan kadar yang begitu tinggi dapat menyebabkan munculnya luka gangrene ini. Disebabkan pula karena gangguan pada sistem saraf yang menyebabkan rasa sakit akan menjadi lebih sulit untuk dirasakan.

luka gangrene pada diabetes mellitus

Biasanya luka gangrene pada diabetes mellitus ini muncul dari sebuah luka kecil yang mengeluarkan nanah, namun ketika tidak diberi penanganan medis yang tepat, luka gangrene pada diabetes mellitus ini dapat membesar dan menjadi semakin parah. Dalam jangka waktu tertentu, luka gangrene pada diabetes mellitus bisa berubah menjadi semacam borok yang sangat mengganggu kerja kaki dan baunya pun tidak sedap karena adanya pembusukan jaringan kulit pada luka tersebut. Jika luka gangrene pada diabetes mellitus ini telah terlalu lama dibiarkan, dapat membuat proses penyembuhannya menjadi sulit dan bahkan dapat menyebabkan penderita harus diamputasi kakinya.

Luka gangrene pada diabetes mellitus dapat muncul karena adanya sebuah bakteri yang disebut anaerob yang berkembang menjadikan infeksi pada bagian kaki. Jika pada tubuh seseorang kadar bakteri aerob dan anaerob sama jumlahnya, tidak akan menyebabkan muncul luka gangrene pada bagian kaki. Tapi dengan adanya gangguan pada kadar gula darah seseorang yang menderita diabetes, bakteri semakin leluasa untuk berkembang dan akhirnya menjadikan luka yang terjadi sulit untuk hilang dan disembuhkan.

Terdapat beberapa gejala khusus yang muncul pada luka gangrene pada diabetes mellitus, dan hal ini penting untuk diketahui agar anda bisa menyiapkan metode apa yang paling tepat untuk mengatasi luka tersebut. Gejala pertama yang muncul adalah adanya perubahan warna pada bagian kulit menjadi seperti kehitaman atau sering pula menjadi kebiru-biruan. Hal ini biasanya muncul pertama kali dan bisa menjadi acuan bagi anda terutama yang mengalami diabetes. Setelah itu di bagian yang mengalami perubahan warna tadi akan menjadi mati rasa. Anda jadi tak bisa merasakan ketika anda menyentuh atau menekan bagian tersebut. Setelah beberapa waktu, biasanya di bagian tersebut akan muncul cairan seperti nanah yang keluar dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Hal ini sangat mengganggu karena tentu orang disekitar anda bisa ikut mencium bau dari luka tersebut.

Terdapat dua macam luka gangrene, yaitu basah dan kering. Untuk yang kering, akan lebih baik untuk dirawat oelh seseorang yang lebih ahli dan mengerti proses pengobatannya karena harus dilakukan pengangkatan jaringan yang telah mati. Untuk prosesnya juga akan diberikan antibiotic untuk mencegah terjadinya infeksi luka tersebut. Sementara untuk gangrene basah, pengobatan harus dilakukan di rumah sakit karena akan dilakukan operasi terdapat jaringan yang telah mati di dalam luka tersebut. Terlebih lagi jika luka tersebut telah muncul dalam waktu yang lama. Ketika dibiarkan terlalu lama, luka gangrene ini akan berpotensi menyebabkan pendirita harus diamputasi kakinya

Bagaimana Cara Mencegah Luka Gangren Menyebar?

Luka gangrene pada diabetes mellitus ini disebabkan karena munculnya berbagai komplikasi dan karena kondisi penderita diabetes yang sistem imunitasnya menurun, akan menjadi lebih baik untuk dicegah sebelum hal ini muncul. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah memantau tingkat gula darah. Hal ini cukup penting karena berkaitan langsung dengan kerja sistem organ dalam tubuh. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan muncul di dalam tubuh seseorang. Selain itu perlu dilakukan perhatian khusus untuk bagian kaki.

250Luka gangrene pada diabetes mellitus memang dominan terjadi di kaki, oleh karena itu perlu dilakukan segala luka baik itu adalah luka ringan maupun infeksi yang terjadi dan mungkin saja karena adanya gangguan sistem saraf menjadi tidak terasa. Perawatan kaki ini sebaiknya dilakukan secara teratur, misalnya merawat kuku kaki agar tidak terlalu panjang, membersihkan bagian sela-sela kaki yang memang cukup rawan bakteri, dan tentu diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup. Dengan beristirahat, berarti mengurangi beban kerja kaki yang memang bertugas menopang tubuh kita. Untuk membersihkan kaki agar tak muncul luka gangrene pada diabetes mellitus, bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat. Hal ini tentu berguna sekaligus sebagai media relaksasi untuk beristirahat setelah kepenatan aktivitas sehari-hari. Alas kaki yang dipakai juga perlu menjadi perhatian, terutama untuk penderita diabetes dimana perlu diberi tambahan sebuah bantalan di alas kaki untuk mencega munculnya cedera. Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan menggunakan sepatu yang satu ukuran lebih besar untuk memberikan ruang bagi kaki agar bisa bergerak dengan lebih leluasa.

Untuk pengobatannya sendiri, saat ini terdapat banyak produk untuk mengobati luka gangrene pada diabetes mellitus. Namun tak semua obat itu merupakan sebuah produk terpercaya yang telah terbukti mampu menyembuhkan seseorang dari luka gangrene pada diabetes mellitus. Satu produk yang bisa menjadi pilihan anda yang mengalami diabetes dan juga sebagai pengobatan dan pencegahan munculnya luka gangrene pada diabetes mellitus adalah TNO. Mungkin sebagian anda telah mendengar kemampuan produk TNO yang memang dipercaya mampu mengobati seseorang yang mengalami diabetes ataupun mendapati luka gangrene pada diabetes mellitus di bagian kakinya. Kandungan alami dalam TNO memang adalah sebuah jawaban tepat untuk anda menghilangkan bahaya penyakit diabetes dan luka gangrene pada diabetes mellitus.

012

Apa Itu TNO dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNO Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

Post-Ender

Hey, Anda atau Anggota Keluarga Menderita Diabetes?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Diabetes Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Diabetes Sekarang, Gratis!

Terbatas Hanya Untuk 100 Orang Pertama Hari Ini Saja

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

greenarrowdown for menu makanan diabetes

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Masyarakat Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Diabetes Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!